Jadi Petani Harus Pintar

JADI PETANI HARUS PINTAR.

byk sekali produk berEmbel organik dipasaran, yang sdh dikemas. dg menawarkan berbagai khasiat yg mujarat… artinya masyarakat perlahan memulai langkah organik. walau tdk mampu 200% tapi pelan pelan.

🙂 Sebenarnya yg perlu petani ketahui prinsip dasar pertanian organik ada 3 🙂 :
a. Pemanfaatan bahan organik seperti dedaunan, jerami,ranting,dsb untuk dikembalikan ke alam, baik dg cara dikompos ataupun dibiarkan mengendap agar terurai yg akan menghasilkan unsur hara makro dan mikro yg dibutuhkan tanaman.

b. Untuk mempercepat pelapukan bahan organik di point (a) diatas tentunya harus ada mikroorganisme pengurai, yg sering disebut dg istilah bioaktifator, starter pengomposan, dll. mikroorganisme ini bisa berupa bakteri, fungi/jamur, yang keberadaan mereka sebenarnya sdh tersedia dialam. untuk mendapatkan mikroorganisme pengurai seperti ini bisa didapatkan melalui proses seperti membuat MOL ( mikro organisme lokal ), utk ramuan MOL bisa dibaca diposting sebelumnya. ada juga mikroorgabisme di isolasikan dari habitat aslinya, seperti Trichoderma yang bisa berfungsi sbg starter pengomposan dan agen hayati pengendalian penyakit, PGPR, Mikoriza, EM4, dsb.

c. Pengendalian hama penyakit secara organik, agar organisme non-target seperti predator, musuh alami, tidak musnah, sehingga keseimbangan ekosistem tidak terganggu.  nah.. dsni lah dimanfaatkan ramuan bahan organik seperti ekstrak daun sirsak, tembakau, mengkudu, dsb sebagai pestisida nabati. dan ada juga yg berupa agen hayati yg diisolasikan dari habitatnya, seperti Trichoderma, Beauvari bassiana, dsb.

So.. petani tidak harus dianjurkan membeli produk-produk organik, karena semua bahan di poin (a,b&c) diatas sudah berlimpah di alam, tinggal diolah menjadi produk organik siap aplikasi. bahkan bisa berlebih untuk pemakaian sendiri.  jangan tertipu dengan kemasan yang sebenarnya petani bisa membuatnya sendiri bahkan bisa dikemas juga spt produk dipasaran.  untuk cara pengolahan silahkan baca posting terdahulu sdh byk dibahas.

untuk memperjelas pengetahuan anda tentang teknis contoh pembiakan agen hayati Trichoderma sbg bioaktivator/starter pengomposan dan pembuatan MOL, bisa menonton video berikut yang sudah kami ringkas agar praktis.

EDISI KHUSUS #BestSeller
VCD Panduan Praktis
Mengisolatkan/Membuat Biang Trichoderma dari dalam tanah dan Memperbanyak Biang Trichoderma

Dengan menonton VCD ini anda bisa memproduksi Biang Trichoderma dan membiakannya untuk jumlah yg lebih banyak

Harga Rp.175.000,-
Ongkos Kirim Via Pos Rp.25.000,-
Total Rp.200.000,-

Bagi yang berminat Silahkan Kontak Kami:
hub/sms : 0812 7466 4892

***Kami hanya mengirim via POS.
Mhn sms Alamat lengkap disertai kodepos. dan pembayaran transfer rek bank BRI kami

image

Iklan

2 Comments Add yours

  1. budi berkata:

    mantap pisan atuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s