Khasiat Labu dan Daya Tahan Penyimpanan Labu

image

foto: Ketua Indonesia Bertanam

Labu kuning juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengandung Vitamin C,

Vitamin A dan beta karoten sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, labu juga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor kalium, dan kalsium. Kadar air dan serat  yang tinggi dalam labu juga memiliki manfaat untuk pencernaan, demam, diare dan mengatasi peradangan. Khasiat labu kuning untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

● Khasiat labu kuning untuk kesehatan:
Labu juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan jantung dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan. untuk mengobati bisul dan sebagai pencahar urin telah dikenal lama, isi buah labu  mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker. Khasiat buah labu untuk perawatan kulit, mencegah tulang keropos, dan meningkatkan kekebalan/daya tahan tubuh.

● Kandungan labu kuning, manfaat dan khasiatnya:

1. Mengandung vitamin dan pectin, pectin memiliki adsorpsi yang baik, mengikan dan menghapus racun bakteri dalam tubuh dan zat berbahaya lainnya, seperti timah, merkuri, logam berat dan unsur radioaktif, dapat memainkan peranan detoksifikasi.
2. Untuk melindungi mukosa lambung dan membantu pencernaan
3. Labu yang terkandung dalam pectin juga dapat melindungi lem lambung saluran mukosa, dari stimulasi makanan kasar, mempromosikan penyembuhan ulkus, cocok untuk pasien sakit perut. Bahan-bahan labu dapat meningkatkan sekresi empedu, meningkatkan peristaltik lambung, membantu pencernaan makanan.
4. Pencegahan dan pengobatan diabetes dan gula darah rendah.
5. Labu kaya dengan kobalt, kobalt bisa aktif dalam metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi hematopoietik, dan untuk berpartisipasi dalam sintesis vitamin B12. Vitamin B12 dalam tubuh adalah elemen penting dalam sel islet manusia. Labu kuning bisa digunakan untuk pencegahan dan pengobatan diabetes dan efek khusus gula darah yang rendah.
6. Menghilangkan karsinogen.
7. Labu dapat menghilangkan efek mutagenik nitrosamin karsinogenik, efektivitas anti kanker, dan untuk membantu pemulihan fungsi hati dan ginjal, meningkatkan kapasitas regeneratif sel-sel hati dan ginjal.
8. Untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
9. Labu kaya akan zinc, untuk berpartisipasi dalam tubuh manusia, sintesis asam nukleat, protein, komponen yang melekat hormon korteks adrenal zat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

● Cara mengkonsumsi labu:

Pada umumnya labu bisa dikonsumsi dan cocok untuk orang gemuk, penderita diabetes dan orang tua. Mengkonsumsinya bisa dengan cara dikukus, dimasak, atau direbus. Untuk penderita diabetes labu bisa dikonsumsi dengan cara memakannya dalam jumlah yang kecil  untuk jangka panjang. Untuk kecantikan pula, labu juga dapat mengurangi munculnya pigmentasi wajah, pencegahan dan pengobatan jerawat.

● Tips menyimpan labu:

1. Labu kuning dan hijau sangat mudah untuk disimpan, pada umumnya labu dapat disimpan dalam kulkas selama 6 bulan, asal buahnya masih utuh dan masih ada tangkai buahnya. sehingga di jaman dahulu apabila kekurangan sayuran pada musim dingin, orang menggunakan labu sebagai sumber penting penyimpanan vitamin.
2. Labu yang sudah dipotong dan kemudian disimpan nutrisi pentingnya akan mudah hilang, jadi yang terbaik  adalah dengan menyimpan dengan bungkus plastik internal sehingga saat disimpan dalam kulkas bisa tahan selama 5 sampai 6 hari.
3. Kulit labu kaya dengan karoten dan vitamin yang bagus untuk kulit. Dengan cara memasak jantung labu  itu mengandung setara dengan 5 kali karoten pulp, jadi kulit, biji atau labunya semua bisa digunakan/dikonsumsi.

Itulah  tentang khasiat labu kuning untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Sumber: Chinese Medicine Health.

TAMBAHAN SUMBER:

Masyarakat pasti tidak lagi awam dengan labu kuning. Kudapan yang memiliki rasa legit ini, sering sekali dibuat dalam bentuk ragam hidangan, seperti kolak ataupun pudding. Bagi ibu yang memiliki bayi, membuat bubur susu dengan campuran labu kuning adalah pilihan yang tepat dan disukai oleh bayi. Tidak hanya nikmat, ternyata khasiat labu kuning untuk kesehatan tubuh juga beragam.

Tanaman labu kuning sendiri berasal dari Ambon. Ada lima spesies dari labu kuning yang dikenal saat ini, dengan bentuk yang beragam. Khasiat labu kuning ini disebabkan karena kandungan gizi dan nutrisinya yang cukup banyak. Di antara kandungannya adalah Karetenoid atau betakaroten, vitamin A dan C, lemak dan karbohidrat. Karena kandungan ini pula, khasiat labu kuning sebagai antioksidan mulai dimanfaatkan banyak orang.
Kaya Serat, Khasiat Labu Kuning Bisa Untuk Pencernaan

Dalam beberapa sumber disebutkan, khasiat labu kuning untuk kesehatan dipengaruhi oleh banyak factor, disamping kandungan alaminya. Tekhnik menyimpan dan memasak juga perlu diperhatikan. Secangkir labu kuning yang sudah dimasak, konon memiliki kandungan 50 kalori dan kandungan serat yang mencapai 3 gram.

Karena kaya serat, khasiat labu kuning juga bisa untuk menjaga sistem saluran cerna. Alasan ini lah yang digunakan oleh ibu yang memiliki bayi, memberikan bubur labu kuning kepada bayinya. Sistem pencernaan bayi belum sempurna, labu kuning dapat membantu untuk memproses makanan yang masuk ke dalam saluran cerna.

Khasiat labu kuning untuk saluran cerna juga didukung oleh kandungan pectin di dalamnya. Pectin berfungsi dalam melindungi mukosa lambung dan juga mengstimulasi makanan kasar. Saat terjadi gangguan ulkus, maka pectin akan membantu dalam perbaikan. Khasiat labu kuning juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit perut, gangguan sekresi empedu dan meningkatkan peristaltik lambung.

Labu Kuning, Bermanfaat Sampai Ke Bijinya

Tidak hanya daging buahnya yang mengandung banyak nutrisi. Biji dari labu kuning juga banyak manfaatnya. Selain bisa dimanfaatkan untuk bahan utama pembuatan kuaci, minyak dari biji labu kuning sering dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gejala penyakit prostat.

Dalam hal kesehatan seksual, biji labu kuning dilangsir juga bisa meningkatkan jumlah sperma sehingga dianggap mampu untuk meningkatkan gairah. Pada kehidupan seks wanita, khasiat labu kuning yang terdapat dalam bijinya ini secara nyata tampak pada kontraksi otot seks wanita. Sedang untuk hal lainnya, khasiat labu kuning atau biji labu kuning adalah untuk anti inflamasi.

Karenanya, kuaci labu kuning digemari, selain gurih juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat (Tentu kwacinya yang tanpa garam).

TAMBAHAN SUMBER:

ASAL USUL BUAH LABU KUNING (WALUH)

Sebelum membahas lebih panjang tentang nilai gizi yang dikandung, alangkah lebih baiknya kita kenali dahulu asal usul si labu kuning ini.   Buah ini memiliki sebutan berbeda-beda di setiap daerah, namun di dunia botanikal, labu memiliki nama “cucurbita” ia menurut beberapa riwayat dan sejarahnya bukanlah asli tanaman Indonesia. Labu kuning atau sering di sebut sebagai “waluh” masuk ke negara kita pada era kolonial lebih kurang abad ke 19 dari daratan Amerika.

Waluh memiliki beberapa jenis varietas, Mungkin karena faktor iklim yang berbeda di  daratan asalnya. Jenis labu kuning yang mampu tumbuh bagus di Indonesia adalah varietas C. moschata dan jenis C. pepo,  perbedaan diantara kedua varietas dapat terlihat dari bentuk buahnya. Dan yang paling mengagumkan tentang kandungan nutrisi buah labu kuning ini lebih bagus yang tumbuh di daratan tropis, termasuk negara Indonesia.

MANFAAT LABU KUNING BAGI KESEHATAN

Manfaat kesehatan yang dimiliki si waluh atau labu kuning ini sangat besar nilainya, karena buah Labu adalah pabrik alami untuk berbagai jenis vitamin anti-oksidan termasuk kaya vitamin A,  vitamin C dan juga vitamin E. Dengan hanya berat 100 gram buah labu segar menyimpan rata-rata 7384 mg IU (International Unit) Vitamin A, ini adalah bukti yang mengagumkan tentang nutrisi Cucurbita setara dengan menyediakan sekitar 246 persen total kebutuhan harian.

Vitamin A termasuk dalam jajaran  antioksidan alami yang mempuni dan difungsikan oleh tubuh untuk menjaga elastilitas, kecantikan dan kehalusan kulit, senyawa vitamin ini juga memiliki peran penting untuk membran lendir. Dan semua orang telah mempelajari-nya di sekolah dasar bahwa vitamin A sangat baik untuk menjaga indra penglihatan selalu sehat.  Menurut sebuah penelitian yang terbaru, antioksidan alami dari vitamin A mampu mengatasi dan menghambat pertumbuhan sel kanker mulut dan membasmi virus penyebab sakit paru-paru. Ini berarti sangat baik juga dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

LABU KUNING MEMBUAT PENCERNAAN LEBIH SEHAT

Karena memiliki kandungan serat pangan yang cukup, buah labu kuning dapat juga di andalkan untuk memperbaiki sistem pencernaan menjadi semakin sehat. Untuk memiliki kesehatan pencernaan usia dewasa normal membutuhkan 20 hingga 35 gram serat pangan setiap hari. Serat sangat membantu dalam mencerna makanan secara efisien, tentu keuntungan dari tubuh adalah menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.
Mempunyai kecukupan serat setiap hari juga sangat penting dalam mengatasi masalah gangguan sembelit. Selain memiliki serat pangan labu mengandung sekitar sepuluh persen dari kebutuhan harian  kalium juga. Hal ini tentu sangat bagus karena kalium dan serat sama fungsi untuk mendukung pencernaan yang sehat.

LABU MAMPU MEMBERIKAN PENCEGAHAN PENYAKIT

Dalam buah waluh, senyawa-senyawa yang memberikan warna kuning ( secara fisik labu berwarna oranye terang)  zat ini dapat melindungi paru-paru dari serangan kanker, tidak hanya sebatas melindungi kesehatan paru-paru, dari senyawa yang sama dapat mencegah terjadinya penyakit serangan jantung. Berdasarkan dari ulasan artikel yang diterbitkan dalam ” Nutrition Research Review” telah menjelaskan bahwa buah labu dapat menekan terjadinya peradangan yang menjadi penyebab gangguan kesehatan kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit arthritis.
Labu Pumpkin Cucurbita pepo 199×300 Nilai Gizi Labu Kuning ternyata Mengagumkan.

Nutrisi Pada buah labu begitu besar dan sangat mengagumkan, Ini adalah berita kesahatan yang bagus , karena si waluh sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan sehat. sungguh sangat lengkap dan komplit kandungan nutrisi seperti Beta -karoten merupakan bentuk vitamin A yang bertindak sebagai antioksidan kuat .   Mereka juga mengandung serat , vitamin C , vitamin B3 , kalium, fosfor , zat besi , magnesium , dan kalsium .

Silahkan simak dengan detail tentang analisa kandungan Nutrisi Labu kuning (Cucurbita )

Nilai gizi  per 100 g labu segar.
Kandungan         Nilai Nutrisi    Jumlah % RDA

Energi           26 Kcal                      1%
karbohidrat              6.50 g             5%
Protein              1.0 g                       2%
Total lemak              0.1 g                      0.5%
Kolesterol              0 mg                      0%
Serat Pangan    0.5 g                       2%

Vitamin

Folat                       16 mcg              4%
Niasin               0.600 mg              4%
Pantothenic acid      0.298 mg              6%
Pyridoxine                 0.061 mg              5%
Riboflavin                 0.110 mg             8.5%
Thiamin                 0.050 mg              4%
Vitamin A                7384 IU             246%
Vitamin C                   9.0 mg              15%
Vitamin E                  1.06 mg                7%
Vitamin K                   1.1 mcg                1%

Elektrolit

Sodium                   1 mg               0.5%
Potasium               340 mg               7%

Mineral

Kalsium (Ca)         21 mg                2%
Tembaga (Cu)    0.127 mg              14%
Besi (Fe)              0.80 mg              10%
Magnesium                 12 mg                3%
Mangan              0.125 mg                0.5%
Pospor                 44mg                 5%
Selenium                0.3 mcg              <0.5%
Seng                        0.32 mg                 3%

Phyto-nutrisi

Carotene-α                  515 mcg                 ===
Carotene-ß                3100 mcg                 ===
Crypto-xanthin-ß       2145 mcg                 ===
Lutein-zeaxanthin       1500 mcg                 ===

(Sumber: USDA National Nutrient data base)

Selain itu, labu kuning ini memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi hal yang sangat keren adalah labu adalah bahan pangan super karena jumlah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ada juga 14 fitonutrien ditemukan di labu . Fitonutrien adalah nutrisi alami dari bahan makanan , dan sampai sekarang masih banyak penelitian lebih lanjut tentang labu kuning ini.

Demikian uraian singkat  mengenai nilai gizi labu kuning, ternyata mengagumkan.

image

Bagi Anda yang sedang menekuni bisnis online shopping dan sedang mencari tempat untuk menjual barang-barang dagangan Anda dengan cepat, bergabunglah bersama PDN.
http://www.produkdalamnegeri.com

Disini anda bisa langsung mendapatkan Website ‪#‎OnlineShop‬ dg biaya murah Rp.180rb dan prosesnya pun cepat 1×24 jam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s