Cara Membuat Pemikat Serangga ( Feromon: Metil eugenol) secara alami

salah satu feromon / pemikat serangga yg paling populer Metil eugenol,

Untuk memperoleh senyawa metil eugenol dengan harga terjangkau dapat dilakukan dengan membuat

ramuan dari bahan-bahan alami tumbuhan penghasil minyak aromatik.  Tanaman aromatik adalah tanaman penghasil minyak aromatik yang memiliki aroma yang sangat khas.. Selain sebagai bahan pewangi, sebagian minyak aromatik seperti minyak serai wangi (Cymbopogon citratus DC.), nilam (Pogostemon cablin Benth), dan cengkeh (Syzygium aromaticum L.) ternyata dapat dipergunakan sebagai bahan aktif pestisida. Bahan aktif serai wangi adalah ester dari sitronellol dan geraniol, minyak nilam adalah seskwiterpene dan patchouly alkohol , sedangkan pada minyak cengkeh adalah eugenol. Kendala yang dihadapi dalam rangka pengendalian hama lalat buah dengan menggunakan bahan alami tersebut sebagai pemikat lalat buah adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan petani mengenai bahan pemikat tersebut. Hal ini terkait erat dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh petani.

Pembuatan bahan pemikat lalat buah.

Pembuatan bahan pemikat lalat buah yang berupa ekstrak tumbuhan aromatik, dilakukan dengan cara daun tumbuhan dicuci dan dipotong-potong kecil supaya lebih mudah untuk blender.  Selanjutnya untuk masing-masing daun tumbuhan tersebut diblender secara terpisah.  Masing-masing daun tumbuhan  yang telah diblender  di masukkan ke dalam wadah baskom plastik kemudian dtambahkan/ direndam air aquades sebanyak 1 liter.  Waktu perendaman dilakukan selama 1 x 24 jam, atau 2 x 24 jam.

image

Selanjutnya dilakukan penyulingan secara sederhana,  yaitu  menggunakan botol untuk menampung hasil sulingan, sedangkan pada bagian mulut botol dipasang kertas saring.   Larutan ekstrak yang telah direndam kemudian dimasukkan ke dalam botol saring melalui mulut botol yang telah dipasang kertas saring. Hasil saringan tersebut kemudian disimpan untuk dijadikan sebagai bahan pemikat.

======================
======================

EDISI KHUSUS #BestSeller
VCD Panduan Praktis
Mengisolatkan/Membuat Biang Trichoderma dari dalam tanah dan Memperbanyak Biang Trichoderma

Dengan menonton VCD ini anda bisa memproduksi Biang Trichoderma dan membiakannya untuk jumlah yg lebih banyak

Harga Rp.75.000,-
Ongkos Kirim Via Pos Rp.25.000,-
Total Rp.100.000,-

Bagi yang berminat Silahkan Kontak Kami:
hub/sms : 0812 7466 4892

***Kami hanya mengirim via POS.
Mhn sms Alamat lengkap disertai kodepos.  dan pembayaran transfer rek bank BRI kami

======================

BIOFUNGISIDA TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi menengah (tepat guna) dan Bahan baku produksi tersedia di tanah air. Jamur Trichoderma yang dikembangkan adalah plasma nutfah asli Indonesia. Lebih ekonomis (murah dalam ongkos produksinya).

Aplikasi dan Manfaat
Biofungisida Trichoderma dapat diaplikasikan pada pertanian sayuran, seperti cabe, kedelai, kacang-kacangan, tomat, terung-terungan, kol, slada jagung, cucurbita, tanaman buah-buahan, tanaman perkebunan maupun tanaman kehutanan. Ia bermanfaat untuk:

• Mengurangi dampak negatif pestisida kimiawi pada pertanian dan meningkatkan nilai tambah proses dan produksi pertanian yang mengarah pada sistem pertanian organik.
• Memasyarakatkan sistem pengendalian hama terpadu melalui penggunaan biofungisida (biopestisida).
• Menyiapkan produk dan teknologi produksi biopestisida berbahan baku lokal (asli Indonesia) dalam rangka meningkatkan kemandirian nasional.

Pengguna
Industri agrokimia, Agribisnis, Petani Organik, Koperasi, Petani Hortikultura, Perkebunan.

Additional Info

Descriptions: Deskripsi Biofungisida adalah suatu pestisida hayati yang digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman khususnya yang disebabkan oleh jamur (fungi). Penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur patogen sampai saat ini masih merupakan masalah utama di bidang pertanian. Biofungisida Trichoderma merupakan salah satu produk biofungisida yang berbahan aktif sel dan spora Trichoderma harzianum (isolat asli Indonesia) yang merupakan jenis jamur parasit bagi jamur patogen tanaman. Biofungisida Trichoderma harzianum diproduksi dan diformulasikan dalam bentuk granular. Di samping kemampuan sebagai agen biokontrol, jamur Trichoderma harzianum memberikan pengaruh positif terhadap perakaran tanaman, pertumbuhan tanaman, dan hasil produksi tanaman. Sifat ini menandakan bahwa Trichoderma harzianum juga berperan sebagai Plant Growth Enhance

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s