Cara Membuat Pupuk Kompos

Cara Membuat Pupuk Kompos (Trichokompos)

Trichokompos adalah bahan organik yang dikomposkan dengan menggunkan dekomposer agenhayati Trichoderma. Sehingga hasilnya selain sebagai pupuk organik (kompos), trichokompos juga berperan sebagi bio-fungisida karena mengandung agenhayati Trichoderma

yang dapat mengendalikan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh jamur patogen. Seperti penyakit layu pangkal batang, layu fusarium, busuk buah, dsb.

Bahan Membuat Trichokompos:
– Jerami / dedaunan 1 m3
– Pupuk Kandang 60 kg
– Biang Trichoderma 25 gram
– Air secukupnya
– Pupuk urea 100 gram
– kapur pertanian (Dolomit) 1/2 kg

Peralatan :
– cangkul/skop
– parang
– plastik/terpal

Cara kerja:
– aduk pupuk kandang + trichoderma + urea + dolomit hingga merata, lalu bagikan adonan tersebut menjadi 4 bagian.
– Jerami / dedaunan juga dibagi menjadi 4 bagian
– lapisan pertama tarok bagian 1 dari pembagian jerami tadi setinggi 25 cm.
– diatas tumpukan jerami tsb timpah dengan adonan pupuk kandang bagian 1.
– ulangi langkah tersebut hingga menjadi 4 lapisan.
– siram tumpukan tersebut hingga kondisi lembab.
– tutup tumpukkan tsb dengan plastik terpal.
– setelah 7 hari buka plastik terpal lalu aduk kompos tsb untuk melepaskan panas.
– tutup kembali kompos dengan plastik terpal.
– tunggu hingga 15-20 hari.
– Trichokompos sudah siap digunakan.

image

EDISI KHUSUS Best Seller

VCD Panduan Membuat Trichoderma Cair dan Padat

Terdiri 3 Video Tutorial :
– Video Mengisolatkan/Membuat Biang Trichoderma dari dalam tanah.
– Video Memperbanyak Biang Trichoderma padat siap aplikasi ke tanaman dan lahan
– Video Membuat Trichoderma Cair dengan cara Fermentasi Aerob untuk aplikasi penyemprotan ataupun pengocoran pada tanaman.

Dengan menonton VCD ini anda bisa memproduksi Biang Trichoderma dan membiakannya untuk jumlah yg lebih banyak baik padat maupun cair.

Harga Rp.500.000,-
GRATIS Ongkos Kirim Via Pos dan JNE

Bagi yang berminat Silahkan Kontak Kami:
hub/sms/WA : 0812 7466 4892

paket.jpg

======================

BIOFUNGISIDA TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi menengah (tepat guna) dan Bahan baku produksi tersedia di tanah air. Jamur Trichoderma yang dikembangkan adalah plasma nutfah asli Indonesia. Lebih ekonomis (murah dalam ongkos produksinya).

Aplikasi dan Manfaat
Biofungisida Trichoderma dapat diaplikasikan pada pertanian sayuran, seperti cabe, kedelai, kacang-kacangan, tomat, terung-terungan, kol, slada jagung, cucurbita, tanaman buah-buahan, tanaman perkebunan maupun tanaman kehutanan. Ia bermanfaat untuk:

• Mengurangi dampak negatif pestisida kimiawi pada pertanian dan meningkatkan nilai tambah proses dan produksi pertanian yang mengarah pada sistem pertanian organik.
• Memasyarakatkan sistem pengendalian hama terpadu melalui penggunaan biofungisida (biopestisida).
• Menyiapkan produk dan teknologi produksi biopestisida berbahan baku lokal (asli Indonesia) dalam rangka meningkatkan kemandirian nasional.

Pengguna
Industri agrokimia, Agribisnis, Petani Organik, Koperasi, Petani Hortikultura, Perkebunan.

Additional Info

Descriptions: Deskripsi Biofungisida adalah suatu pestisida hayati yang digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman khususnya yang disebabkan oleh jamur (fungi). Penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur patogen sampai saat ini masih merupakan masalah utama di bidang pertanian. Biofungisida Trichoderma merupakan salah satu produk biofungisida yang berbahan aktif sel dan spora Trichoderma harzianum (isolat asli Indonesia) yang merupakan jenis jamur parasit bagi jamur patogen tanaman. Biofungisida Trichoderma harzianum diproduksi dan diformulasikan dalam bentuk granular. Di samping kemampuan sebagai agen biokontrol, jamur Trichoderma harzianum memberikan pengaruh positif terhadap perakaran tanaman, pertumbuhan tanaman, dan hasil produksi tanaman. Sifat ini menandakan bahwa Trichoderma harzianum juga berperan sebagai Plant Growth Enhance

image

Apa kata mereka ? Berikut Testimonial dari berbagai kalangan:
.
image
“Saya merasa terbantu sekali dengan “Indonesia Bertanam” hingga petani penangkar kami bisa memproduksi benih padi yang berkualitas. Serangan penyakit kami atasi dengan aplikasi Trichoderma dan berangsur memulai organik. Bursani – Penangkar Benih Padi di Sungai Penuh
.
.
image
Saya Ervan Romianto, Siswa SMK N 5 Kerinci. Alhamdulillah setelah menonton VCD Trichoderma dan mempraktekan di lahan sawah percobaan saya dan teman sudah bisa membuat fungisida alami Trichoderma dan pupuk trichokompos jerami. ini sangat membantu”
.
.
image
“Thank’s to Indonesia Bertanam.,apa yang kami pelajari dari pelatihan organik (Membuat Trichoderma dan kompos jerami) beberapa bulan lalu sudah bisa kami terapkan di lahan perusahaan kami. Iwan Kurniawan, karyawan CV. Insan Tani – Palembang
.
.
image
“Setiap hari saya mengikuti update halaman facebook Indonesia Bertanam untuk mencari solusi menghasilkan bibit tanaman yang baik, setelah ketemu posting tentang tutorial VCD membuat Trichoderma saya merasa lega sekali bisa produksi fungisida hayati ramah lingkungan dan media tanah yang baik dari pengomposan menggunakan Trichoderma. Mintaria – Pengusaha Bibit Tanaman di Batam
.
.
image
Dara Darmita – Mahasiswi Ekonomi dan Pengusaha Tanaman Hias Jambi. Saya merasa beruntung menemukan blog ini, belajar banyak tentang pertanian. Terimakasih atas VCD Trichoderma sangat bermanfaat untuk usaha saya”

Iklan

2 Comments Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s