Cara Pengendalian Ganoderma

Ganoderma sp. adalah salah satu jenis jamur anggota suku Agnodermataceae, bangsa Aphyllophorales, kelas Basidiomycetes. Jamur ini daerah penyebarannya sangat luas,

termasuk jenis jamur terbawa tanah (soil borne fungi), serota bersifat parasit maupun saprofit terhadap tumbuhan. Sifat-sifat Ganoderma sp. menjadi menarik karena dua hal tersebut saling bertentangan, yakni merugikan sekaligus menguntungkan.

Sebagai parasit tumbuhan, Ganoderma sp. dapat menyebabkan busuk akar dan batang pada tumbuhan tahunan tropika di perkebunan dan perhutanan sehingga menyebabkan kerugian. Jamur ini dikenal sebagai jamur busuk putih (white rot fungi) yang mampu menyebabkan busuk kayu karena hancurnya lignin.

Apa Itu Ganoderma ?
Serangan ganoderma (jamur akar merah) mulai mengancam keberadaan kelapa sawit Indonesia. Pasalnya, jamur ini akan meyerang tanaman sawit yang berumur di atas 15 tahun dan sudah diremajakan tiga kali. Kepala Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia (BPBPI), Darmono Taniwiryono, mengutarakan jika serangan ganoderma diperhitungkan terhadap produksi dan harga minyak sawit nasional saat ini, maka kerugian negara pada tingkat kematian sawit 1% mencapai US$ 256 juta per tahun.

Cara Pengendalian Ganoderma, Baca selanjutnya : Klik Disini

Iklan

2 Comments Add yours

  1. Riana berkata:

    Horor juga ya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s