Membuat Bibit Durian Unggul Melalui Sambung Pucuk

Berikut langkah sambung pucuk bibit durian.

1. Beli buah durian yang sudah masak dan ukuran besar serta buahnya tidak rusak.
2. Ambil biji buah durian tersebut untuk disemaikan dalam polybag.
3. Siapkan polybag dan media tanah berupa Tanah + Trichokompos dengan perbandingan 1 : 1
4. Semai biji durian kedalam polybag yang telah disediakan lalu siram dengan larutan ( Air + Trichoderma  )
5. Tunggu hingga 15-20 hari, bibit durian sudah siap diberi perlakuan sambung pucuk.

image

6. Pangkas bibit durian tersebut, kemudia belah tepat ditengah batang secara hati-hati dengan menggunakan pisau curter yang tajam. Belahan sedalam 2 cm. Pembelahan jangan berualangkali cukup 1 kali.

image

7. Cari pohon buah durian yang sudah pernah berbuah, seperti pohon durian montong atau pohon durian lokal yang sehat.
8. Ambil pucuk dari salah satu dahan pohon durian tersebut, seperti gambar

image

9. Bagian bawah dari pucuk tersebut dilancipkan kedua sisi menggunakan pisau curter yang tajam, mengikuti panjang belahan batang pada bibit durian di polybag diatas.
10. Buang semua daunnya, kemudian tancapkan ke belahan batang bibit durian di polybag. Dan ikat dengan tali plastik. Lihat gambar

image

11. Balut dengan plastik es balon sehingga permukaan tempat penyambungan tertutup. Lihat gambar

image

12. Langkah terakhir membuat sungkupan dengan menutup bibit durian tersebut dengan plastik, kemudian diikat bagian bawahnya. Jangan teralu kuat mengikatnya.
Hal ini bertujuan mengurangi penguapan dari bibit durian tsb.

image

13. Setelah selesai letakan di tempat teduh, tidak terkena matahari langsung dan tidak terkena hujan.
14. Siram setiap sore hingga 3 minggu lepaskan plastik sungkupan dan plastik pengikat sambungan.
15. Sambung pucuk berhasil ditandai dengan batang masih hijau, tidak busuk dan tidak bewarna coklat/hitam.
16. Setelah berhasil rawat bibit tersebut, setiap 2 minggu siram dengan larutan (air  + Trichoderma )
17. Setelah 3 bulan bibit sudah siap ditanam ke lahan ataupun pekerangan.
18. Pelihara dan rawat dengan baik.
image

Semoga bermanfaat.

Jika Anda Ingin Serius Mendalami Pengetahuan “Membuat Bibit Jeruk Unggul Secara Okulasi dan Sambung Pucuk”
Indonesia Bertanam menyediakan Pelatihan Singkat Untuk Anda. Hanya waktu 1 hari anda bisa menguasai pengatahuan cara mengokulasi dan sambung pucuk bibit Durian.

– Biaya Pelatihan : Rp.3 juta
– Lokasi Pelatihan : Lahan Pembibitan Indonesia Bertanam, Desa Tanjung Pauh Mudik. Kec Keliling Danau. Kab Kerinci. Jambi
– Contact Person : 0812 7466 4892

image

=====================
Bikin Website OnlineShop
Rp.350.000 Langsung Jadi
<< KLIK DISINI >>
======================

Related Posts:
Jual Aplikasi Profil Investasi Daerah untuk Bappeda Berbasis Web
Jual Aplikasi E Monev Bappeda
Jual aplikasi E-Planning Bappeda
Jual Aplikasi RKA Online
Program Aplikasi SIPPD Online
Jual Aplikasi E Monev Pembangunan (LAKIP, Realisasi Fisik dan Keuangan, TEPA/TEPRA)

Iklan

32 Comments Add yours

  1. Abdi suhamdi berkata:

    apakah perlu pemangkasan dahan/daun dalam tempo 3 tahun sebelum berbuah? pohon durian saya saat ini usia 1 tahun dan sangat lebat daunnya..

    1. Tidak perlu pak. Lanjutkan dg pemeliharaan

  2. gabdul62 berkata:

    Mengapa pohon durian saya buahnya keras terasa hambar.?

  3. herisusanto3007 berkata:

    mantap …pngn ikut pelatihan tp sayang jauh nich aku tinggal di bdg

  4. Hood Aleem berkata:

    Mantap, saya mesti coba buat

  5. adi berkata:

    saya jga pngn ikut pelatihan,, tpi saya
    tinggal di kalimantan barat,,

    1. Rudi berkata:

      Sya sdh coba sambung pucuk, da 12 yg berhasil pa tindakan selanjutx pupuk pa yg hrus sya pakai utk pemelihran selnjutnya….trmaksih…

  6. bibit durian berkata:

    kepengen pantau, tapi jauh banget

  7. Aziz Bin Muji berkata:

    saya suka tanam durian tpi belajarnya susah

  8. Badai Topan berkata:

    makasih atas infonya,sangat membantu sekali

  9. Pak Andra berkata:

    Wah saya akan coba tutorial penyambungan durian diatas, soalnya saya jenuh banget nanam durian tapi gak berbuah-buah, keburu tua saya 😀 , dan terima kasih banyak atas ilmu pembibitan durian

  10. dika prio berkata:

    saya suka bertanam maksih,platihan ya ini sangat bermampat

  11. ukik berkata:

    mau tanya gan apa durian harus ditanam di dataran tinggi & bersuhu dingin ? soalnya tempat saya di kota mau coba menanam durian gan ! mohon infonya! trim’s

    1. Tergantung varietas. Coba cari di internet varietas utk dataran rendah

  12. solichin berkata:

    saya menanam durian tapi setiap berbunga pasti tidak jadi buah

  13. alwan bahy berkata:

    Saya ingin pesan anakan,gimana carsnya

  14. Arwin berkata:

    Mantap nih… mau coba..mohon do’a nya ya.smg brhasil…

  15. Rudi berkata:

    Sya sudh coba stek sambung pucuk buah durian dn brhsil 12 buah, pa tindakan selanjutnya, pupuk pa yg hrus sya pakai utk pemeliharaan sampai berbuah…..

    1. Pupuk NPK Mutiara yg warna hijau

  16. Rudi berkata:

    Sya sudah coba sambung pucuk durian dn brhasil 12 buah pa tindakan selanjutnya dn pupuk pa yg harus di pakai utk pemeliharaan selanjutnya……

  17. Novan berkata:

    Saya punya tanaman durian lai..setiap tahun berbunga lebat..tapi gagal menjadi buah..mohon pencerahan

  18. achmad berkata:

    NPK.bukan nya warna kemerahan pa

  19. Muhamad berkata:

    Nanti bila sudah berbuah, buah nya mengikut pokok benih atau pokok tunasnya. Minta penjelasan..

    1. Mengikuti pokok tunas nya

  20. andi berkata:

    berapa tahun baru bisa berbuah?

  21. inggasip berkata:

    sy sring coba okolasi tp kring aja pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s