Mengisolasi Jamur Antagonis atau Agenhayati

Jamur antagonis didefinisikan sebagai kelompok jamur yang dapat menekan/menghambat pertumbuhan dan perkembangan patogen tanaman. Di alam, risosfer tanaman banyak dihuni oleh antagonis, sehingga aktivitas patogen di dalamnya dapat ditekan. Keadaan tanah seperti ini sering diistilahkan sebagai tanah berpenekanan (supressive soil).  

Dalam mekanisme penghambatannya, antagonis memiliki beberapa tipe aktivitas seperti antibiosis, lisis, kompetisi, dan parasitisme.
– Antibiosis adalah penghambatan atau perusakan melalui hasil metabolit, termasuk kemampuannya mengeluarkan zat beracun toksin.
– Lisis adalah destruksi, desintegrasi, disolusi, atau dekomposisi sel atau jaringan inang.
– Kompetisi adalah usaha untuk memperoleh keuntungan dari substrat/nutrisi inang (karbohidrat, nitrogen, faktor tumbuh) dan tempat (tempat reseptor sel, dan oksigen).
– Parasitisme terjadi bila organisme yag satu menyerap nutrisi dari organisme lain, bahkan hifa antagonis dapat tumbuh di dalam hifa patogen (hiperparasit).

Beberapa jamur antagonis yang telah banyak digunakan sebagai agen pengendali hayati antara lain Trichoderma. Dimana Trichoderma ini banyak dimanfaatkan sebagai pengendalian penyakit tanaman, seperti pengendalian penyakit busuk pangkal batang pada kelapa sawit yang disebabkan jamur Ganoderma, penyakit Jamur Akar Putih (JAP) pada tanaman karet, layu fusarium pada pisang dan jeruk, penyakit busuk pangkal batang dan ganggang pirang pada tanaman lada, dan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur pada berbagai tanaman.

image

Untuk tingkat petani, kesulitan alat laboratorium adalah kendala utama untuk mendapatkan atau mengisolasi jenis jamur antagonis seperti Trichoderma untuk dikembangkan menjadi bioFungisida siap aplikasi.  Maka dari itu kami mencoba membuat metode sederhana dan praktis untuk tingkat petani melakukan isolasi jamur Trichoderma dari dalam tanah serta mengembangbiakan ke media yang siap aplikatif. Berikut langkahnya : baca selanjutnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s