Membuat Bibit Sawit Unggul Sendiri + Anti Serangan Ganoderma

Cara membuat sendiri Bibit Sawit Unggul Bebas Serangan Ganoderma

Kapan saat paling tepat untuk membuat bibit kelapa sawit?

Tergantung Anda (petani penangkar) mulai dari mana. Jika dimulai dari kecambah, maka saat yang tepat adalah awal musim kemarau. Dan jika dimulai dari anak sawit umur 3 bulan (baby sawit), maka saat yang tepat adalah pada pertengahan musim kemarau.

Kendala utama membuat bibit kelapa sawit siap tanam adalah besarnya konsumsi air agar bibit tumbuh dengan baik. Satu pokok bibit sawit yang sudah ditanam dipolibag besar, rata-rata membutuhkan air satu liter setiap harinya.

Karena itu, perlu disiasati agar kebutuhan bibit sawit akan air ini dapat terpenuhi, namun petani penangkar tak terlalu diberatkan dalam hal penyiraman bibit.

Pembuatan bibit sawit ada dua tahap:
1. Tahap pembesaran kecambah hingga berumur 3-3,5 bulan.
Pada tahap ini, kecambah dibesarkan di dalam polibag ukuran 10-15 cm atau 12-17 cm. Kecambah sawit yang ditanamkan adalah yang sudah nampak jelas mana bagian akar dan mana bagian tunasnya. Jika kecambah sawit yang anda beli belum semuanya menunjukkan tanda tersebut, maka percikkan air pada kecambah itu hingga lembab merata, lalu simpan dalam tempat kedap udara, misalnya plastik gula. Simpan ditempat yang terang namun tidak kena sinar matahari langsung.

Biasanya dalam waktu 3-4 hari, mata tunas akan tumbuh hingga kelihatan jelas mana bagian akar dan mana bagian tunasnya. Menanam kecambah tidak boleh terbalik.

image

2. Tahap membuat baby sawit

Siram tanah dalam polibag hingga basah, lalu tanamkan kecambah sawit hingga bijinya tenggelam sekitar setengah cm. Susun polibag 15 polibag sebaris, panjang kolom barisan tergantung selera. Buat gang selebar 30 cm untuk jalan bagi pekerja. Jangan lupa pasang paranet 50% atau jaring penahan panas diatasnya.

Pemupukan dengan NPK interval seminggu, dimulai pada umur 20 hari. Larutkan dua genggam besar NPK ke dalam 10 liter air, lalu siramkan kepada 300 polibag bibit. Bilas lima menit kemudian.

Serangan paling berbahaya pada perkebunan sawit adalah serangan penyakit jamur Ganoderma yang mengakibatkan busuk pangkal batang pada pohon sawit lalu mati mendadak.

Untuk itu perlu dilakukan perlakuan terhadap bibit sawit

Membuat Bibit Sawit Anti Ganoderma
– Saat kecambah pindah tanam ke polybag diatas, hendaknya media tanam dalam polybag tsb sudah diaduk dengan aplikasi Trichoderma sebanyak 5 sendok makan per polybag. Sehingga jamur trichoderma secara biologi langsung melindungi akar kecambah sawit saat tumbuh dari serangan penyakit jamur patogen.

– Saat bibit sawit akan pindah ke lubang tanam, hendaknya lubang tanam diisi dengan pupuk kandang kemudian ditaburkan Trichoderma sebanyak 5 sendok makan per lubang tanam.

– selanjut aplikasi Trichoderma ini rutin dilakukan setiap 3 bulan untuk mencegah serangan jamur ganoderma yang bisa membunuh pohon sawit nantinya.

Cara membuat trichoderma : KLIK DISINI

Iklan

2 Comments Add yours

  1. Zain Day berkata:

    Wah Terima Kasih ya… Infonya Sangat Bermanfaat Sekali
    kebetulan saya ada lah Petani Sawit di Bangka…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s