Teknik Produksi Benih Tomat

Teknik Produksi Benih Tomat

Untuk memproduksi Benih Tomat, teknik budidaya nya tidak jauh berbeda dari teknik budidaya tomat untuk konsumsi.  Namun pada budidaya untuk produksi benih perlu mempertahankan kualitas buah untuk dijadikan benih yang dihasilkan nantinya. Maka dari itu perlu dilakukan perlakuan berikut ini :

1. Seleksi Tanaman
– Dilakukan dengan cara membuang atau mencabut tanaman yang pertumbuhannya terlihat sehat dan penampilannya tidak baik akibat gejala penyakit fisiologis dan gejala infeksi patogen. Tindakan ini disebut roguing.
– Roguing untuk produksi benih tomat selama pertumbuhan tanaman dibagi dua tahap :
a. Setelah tanaman berbunga dan berbuah : pengamatan terhadap tipe pertumbuhan tanaman, karakter bunga, karakter buah muda dan intensitas kerusakan oleh hama/penyakit yang terjadi.
b. Saat pematangan buah : pengamatan pada kuantitas dan kualitas hasil serta intensitas kerusakan oleh hama/penyakit terjadi.

2. Panen
Panen untuk benih harus berasal dari tanaman terseleksi yang memenuhi kriteria tanaman sehat dan seragam, serta buah memeliki ukuran, bentuk, matang fisiologis yang seragam.

image

3. Pemisahan Biji
Ada tiga metode pemisahan tergantung pada kuantitas dan temperatur lingkungan, yaitu :
a. Pemisahan biji dengan cara fermentasi
Cara ini banyak dilakukan di lingkungan tropis, seperti di negara kita yaitu dapat dilakukan jika suhu lingkungan antara 20-35 derajat Celcius selama 3 hari. Laju fermentasinya berlangsung 1-5 hari- tergantung suhu lingkungan. Caranya adalah :
– Benih yang sudah dipisahkan dari daging buah dimasukan ke dalam wadah ( terbuat dari logam stainless steel atau plastik ), tambahkan sedikit air, kemudian ditutup dan disimpan 1-5 hari, sambil sesekali diamati perkembangannya.
– Selama fermentasi, perlu duaduk untuk memisahkan benih dan bubur (pulp) dan juga mencegah munculnya cendawan.
– Setelah fermentasi selesai, benih akan tenggelam ke dasar wadah. Untuk memudahkan pemisahan benih dari bubur, perlu ditambahkan air agar bubur menjadi encer.

b. Pemisahan biji menggunakan sodium karbonat
Pemisahan biji menggunakan sodium karbonat sering dilakukan di daerah sub tropis karena temperatur lingkungan yang rendah yang tidak mendukung terjadinya proses fermentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dilaporkan bahwa penggunaan sodium karbonat 10% selama 2 hari mampu memberikan hasil yang memuaskan.

c. Pemisahan biji menggunakan asam hidroklorida
Cara ini banyak dilakukan oleh persyaratan industri benih, yaitu dengan menggunakan asam hidroklorida berkinsentrasi 567 ml dalam 10 ltr. Perbandingan tsb dilaporkan dalam hasil penelitian, dapat memberikan hasil yang memuaskan karena benih yang dihasilkan berwarna cerah.

4. Pencucian, Pengeringan dan Pengemasan Benih Tomat
Tahapannya antara lain :
– Tahap pencucian benih tomat dilakukan setelah tahap fermentasi selesai.
– Gunakan air bersih yang mengalir, hingga biji benar-benar bersih
– Biji yang sudah bersih kemudian dikeringkan anginkan menggunakan sinar matahari tidak langsung atau bisa juga dengan panas buatan atau listrik bersuhu 30-35 derajat celcius selama 7-10 hari
– Pengeringan dilakukan sampai diperoleh kadar air bersih 5-7%
– Pengemasan benih dalam wadah kedap air misalnya plastik, kaleng atau alumanium foil
– Pengemasan ini bertujuan untuk :
Menghindari kontamanisi benih varietas lain, melindungi kerusakan fisik, memudahkan penanganan pada tahap selanjutnya.

5. Penyimpanan Benih Tomat
Merupakan upaya untuk mempertahankan daya hidup (viabilitas) maksimum dari benih dengan menekan laju kemunduran (deteriorasi) selama penyimpanan, sehingga benih tetap memeliki vigor (kekuatan tumbuh) dan viabilitas (daya hidup) yang tinggi.
– Caranya adalah dengan menjaga kondisi yang sesuai persyaratan berikut: kadar air benih pada 5-7 %, suhu 5 derajat celcius dan kelembapan udara 30-40%

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s