Ilmu Dasar Bertanam Tabulapot

Popularitas cara menanam tanaman buah dalam Pot atau Tabulapot semakin populer akhir-akhir ini. Popularitas berkebun Tabulapot ini tidak hanya di kota-kota besar dengan lahan yang sempit, namun juga sampai pelosok desa.

Metode berkebun dengan Tabulapot ini memang didasari pada keterbatasan lahan untuk menanam buah. Kini menanam Tabulapot bukan saja sekedar untuk diambil manfaat buahnya saja namun juga sebagai hiasan. Banyak yang tergiur dengan keindahan tanaman buah dalam pot berukuran kecil, namun mampu menghasilkan buah yang cukup lebat,

image

Keunggulan Tabulapot selain seperti diutarakan di atas adalah bisa diatur masa berbunga dan berbuahnya, selain itu Tabulapot bisa dipindah-pindah tempat sesuai dengan selera tanpa merusak tanaman. Karena Tanaman buah sudah diletakkan di dalam pot dan saat dipindah tidak mengganggu perakaran tanaman.

Cara Merawat Tambulapot

Cara Merawat Tabulapot sebenarnya berbeda-beda untuk masing-masing jenis buah yang ditanam. Karena setiap buah memiliki perbedaan karakter, perbedaan kebutuhan pupuk dan juga perbedaan waktu berbuah. Namun ada hal-hal yang sifatnya umum penting diperhatikan dalam merawat Tabulapot.

Merawat Tanaman buah pada media pot atau Tabulapot pada dasarnya tidak sulit. Hanya saja dalam merawat Tabulapot diperlukan perhatian yang cukup ekstra. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam Menanam Tambulapot, antara lain:

1. Pemilihan bibit unggul semenjak awal.
Pemilihan bibit unggul sangat penting karena bibit Tabulapot akan bisa menghasilkan buah pada usia yang muda dan ukuran pohon tidak besar. Meski demikian harga bibit tabulapot berkualitas ini biasanya mahal. Tetapi tidak mengapa daripada memilih bibit yang murah dan berkualitas rendah, tetapi tidak kunjung berbuah karena karakternya berbuah dalam waktu lama dan pohon harus besar.

2. Perhatikan Pada Media Tabulapot
Media tumbuh Tabulapot sangat terbatas karena hanya sebesar pot yang digunakan. Karena itu dalam merawat tabulapot pemilihan media tanamn sangat penting. Media tanam yang untuk Tabulapot haruslah subur serta dilakukan pengaturan komposisi tanah dan pupuk.

Media Tanam pada Tabulapot bisa dibuat dari campuran tanah(merah), pupuk Trichokompos dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Sekam padi gunanya lebih pada penggembur tanah, disamping kalau sudah hancur bisa jadi pupuk juga.

3.Pemupukan Yang Tepat
Seperti yang sudah disampaikan bahwa media tumbuh Tabulapot sangat terbatas, karena itu diperlukan pemupukan yang tepat. Pemberianpupuk harus tepat, karena waktu subur buah dalam satu tahun kan beda-beda. Pupuknya juga mesti dibedakan jenisnya, saat awal tumbuh, dengan saat mendekati waktu berbuah.Tabulapot juga mesti diberi agenhayati dan mikroba pengaya, selain pupuk kandang dan pupuk trichokompos. Mikroba pengaya penting untuk meningkatkan kesuburan tabulapot.

4.Pemangkasan Dahan Dan daun
Pemilik tabulapot juga mesti rajin memotong tanamannya agar tidak membesar. Apalagi jika luas tempat tinggalnya terbatas. Namun cara pemangkasan tabulapot tak boleh sembarangan agar tidak mengganggu proses reproduksinya. Begitu juga cara memetik buahnya, disarankan tidak dipetik, melainkan digunting.

5. Pengendalian Hama Dan Penyakit
Tidak berbeda dengan tanaman yang ditanamn di tanah langsung, Menanam Tabulabot juga memerlukan pengendalian hama dan penyakit. Hama dan penyakit Tabulapot bisa datang dari serangga, ulat, jamur, bakteri dan penyebab lainnya. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan penyemprotan secara periodik.

6.Penempatan Tabulapot
Tabulapot hendaknya ditempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Ini tidak jauh berbeda dengan tanaman buah yang ditanam di tanah langsung.

Menanam Tanaman buah di dalam Pot merupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan. Selain bisa memanen buah dari kebun sendiri yang lahannya terbatas, Menanam Tabulapot bisa mempercantik taman rumah kita dengan aneka buah-buakan yang berbuah lebat.

Referensi lain pendukung tabulapot :
– Cara Membuat Trichokompos untuk media tanam : Klik Disini

Cara membuat agenhayati sebagai mikroba pengaya : Klik disini

– Cara membuat Pestisida Nabati : Klik Disini

Related Posts:
Jual Aplikasi Profil Investasi Daerah untuk Bappeda Berbasis Web

Jual Aplikasi E Monev Bappeda

Jual aplikasi E-Planning Bappeda

Jual Aplikasi RKA Online

Program Aplikasi SIPPD Online

Jual Aplikasi E Monev Pembangunan (LAKIP, Realisasi Fisik dan Keuangan, TEPA/TEPRA)

Iklan

3 Comments Add yours

  1. Ok,,siap aku praktekan hehe trimakasih atas artikelnya ya semoga sukes

  2. hasratdunia berkata:

    manthap mas bro..i like..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s