3 Olahan Berbahan Dasar Ceri Kopi

Jika selama ini kita mengonsumsi kopi dari bijinya, pernahkah kamu membayangkan apa yang dilakukan petani terhadap ceri kopi (buahnya)? Dibuangkah?

image

TIDAK terbayangkan betapa banyak limbah kulit ceri kopi dari sebuah pertanian yang memproses kopi. Sejauh ini di Indonesia pada khususnya, petani hanya mengambil biji kopinya saja untuk dijual dan membuang limbah ceri kopinya. Kulit ceri kopi sebagian besar dibuang dan menjadi limbah yang sia-sia. Padahal jika kamu tahu, ceri kopi bisa diolah dan dikonsumsi menjadi bahan makanan yang nikmat dan tentunya sehat. Mau tahu apa saja yang bisa dihasilkan dari ceri kopi yang selama ini hanya dianggap limbah? Berikut tiga hal yang bisa dihasilkan dari ceri kopi.

Cascara

Sudah banyak yang tahu bahwa ceri kopi bisa dinikmati sebagai minuman yang disebut dengan cascara.Cascara sendiri biasa disebut dengan “teh dari kopi”. Dan sudah lama dikonsumsi masyarakat Yaman, mereka menyebutnya dengan qishr.Selain di Yaman, cascara juga telah lama diolah oleh petani kopi di Amerika Selatan (Bolivia dan sekitarnya). Rasa dari cascara sendiri berbeda-beda sesuai dengan varietas kopinya. Tapi jangan kaget meskipun sama-sama dari tanaman kopi,cascara rasanya sangat berbeda dari kopi. Ceri kopi yang dikeringkan ini rasanya lebih fruity dengan notesberagam. Tidak semua jenis kopi mampu menghasilkan cascara yang nikmat. Karena semuanya tergantung dari tanaman kopinya sendiri.

Selosoda

Yang satu ini adalah versi lain dari cascara. Ŝelosoda diproduksi dengan cara mengeringkan buah ceri pada kopi. Berbeda dengan cascara yang berasal dari kulit ceri kopi, maka Ŝelosoda adalah buah kopi yang dikeringkan (dipisahkan dari biji kopinya). Rasa Ŝelosoda dan cascaraberbeda. Rasanya seperti madu manis yang diberi cita rasa jeruk dan lemon organik. Ŝelosoda diproduksi di Jerman Selatan dan agak sulit menemukannya di luar pasar Jerman. Semoga suatu hari nanti Indonesia bisa memproduksi Ŝelosoda juga ya.

Tepung Kopi

Jangan kira kopi tak bisa menghasilkan tepung. Tepung kopi dibuat dari ceri kopi yang dilepasan dari bijinya dan diolah secara ajaib menjadi tepung yang memberi cita rasa berbeda. Bisakah kamu bayangkan membuat cake ataucookies dari tepung kopi yang memberi cita rasa jeruk dan buah-buahan lainnya. Tepung kopi ini bisa menjadi bahan baku untuk membuat aneka makanan lezat. Dan hebatnya lagi, tepung kopi ini bebas gluten dan memiliki serat yang lima kali lebih banyak dari gandum. Plus mengandung zat besi yang tiga kali lebih banyak dari bayam segar. Asik sekali, bukan?

Nah, sudah tahukan kalau ceri kopi bisa diolah menjadi beragam bahan makanan. Semoga petani Indonesia segera melakukan hal ini juga ya.

 

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s