Membuat Pakan Ikan Sendiri dari Azolla

Azolla microphylla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer.

image

Sementara kandungan karbohidrat dan lemak Azolla sangat rendah. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan(lele, gurame, nila) ternak(sapi, kambing, kelinci) dan unggas (ayam, bebek) dll, Ternak dengan mudah dapat mencernanya, karena kandungan protein yang tinggi dan lignin yang rendah.

Untuk membuat pakan ikan (pelet) tanaman Azzola harus di fermentasikan terlebih dahulu dengan menggunakan Trichoderma Harzianum, dengan tujuan untuk menurunkan serat kasar dari Azzola agar nantinya mudah dicerna oleh ikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Nurfad hilah (2011) dengan judul Pemakaian Hasil Fermentasi menunjukan Azolla sp . Sebagai Bahan Baku Pakan Ikan bahwa fermentasi menggunakan kapang Trichoderma harzianum selama dua hari dapat meningkatkan kualitas penurunan serat nutrisi daun Azolla sp , berupa kasar sebesar 37,19% dan meningkatkan kandungan protein sebanyak 38%.

Cara membuat fermentasi azolla microphylla

Pertama kita Timbang azolla microphilla yang segar, kemudian dedak atau bekatul di tambah dengan tepung ikan dengan perbandingan 80% azolla microphylla : 20% Bekatul. Langkah Selanjutnya adalah dengan mencampur dan mengaduk bahan bahan tersebut hingga homogen. Tambahkan BIANG TRICHODERMA sebanyak 10 gram untuk 1kg bahan yang sudah dicampur tadi Masukan campuran tersebut ke dalam plastik atau karung yang kedap air, kemudian ikat sampai rapat. Kemudian dibiarkan hingga masa fermentasi selama 3-4 hari. Bongkar campuran azolla microphilla dan dedak hasil fermentasi. Selanjutnya hasil fermentasi tadi bisa langsung diberikan pada ikan sebagai sumber protein tinggi.

Baca selanjutnya cara membuat Trichoderma harzianum : KLIK DISINI

image

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s