Azolla menghasilkan 100 Kg Urea Per Ha Sawah

Nitrogen adalah salah satu unsur yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Nitrogen diserap dalam tanah berbentuk ion nitrat atau ammonium. Kemudian, didalam tumbuhan bereaksi dengan karbon membentuk asam amino, selanjutnya berubah menjadi protein.

Nitrogen termasuk unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman karena 16-18% protein terdiri dari nitrogen. Pupuk yang paling banyak mengandung unsure nitrogen adalah pupuk urea. Namun yang kita bahas dalam tulisan saya ini bukan pupuk urea melainkan pupuk dengan bahan Azolla.

image

Namun sebelumnya, tahukah Anda apa itu Azolla? Azolla adalah paku air mini ukuran 3-4 cm yang bersimbiosis dengan Cyanobacteria pemfiksasi N : Anabaena Azollae. Simbiosis ini menyebabkan azolla mempunyai kualitas nutrisi yang baik. Azolla sudah berabad-abad digunakan di Cina dan Vietnam, sebagai sumber N bagi padi sawah. Azolla tumbuh secara alami di Asia, Amerika, dan Eropa.

Bagaimanakah kemampuan Azolla sebagai sumber penyumbang N ?

Dalam suatu penelitian menggunakan N menunjukkan bahwa Azolla yang bersimbiosis dengan Anabaena Azollae dapat mengikat N yang bebas di udara sebesar 70-90%. N yang telah terikat ini kemudian terkumpul dan dapat digunakan sebagai sumber N bagi padi sawah. Dari beberapa penelitian diperoleh bahwa laju pertumbuhan Azolla adalah 0,355-0,390 gram per hari (di laboratorium) dan 0,144-0,890 gram per hari (di lapangan). Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan menyebarkan 200 g Azolla segar per m2 perairan maka setelah 3 minggu, Azolla tersebut akan menutupi seluruh permukaan lahan perairan tempat Azolla tersebut ditumbuhkan. Dalam keadaan ini dapat dihasilkan 30-40 kg N/ha berarti sama dengan 100 kg urea. Ditemukan juga bahwa Azolla tumbuh kembang lebih baik pada musim kemarau.

Kegunaan Azolla :

– Sumber N dapat mengganti pupuk urea sampai 100 kg
(Jika dalam 3 minggu saja dapat menghasilkan 30-40 kg N/ha, berarti kita dapat menghemat 60-70 kg pupuk Urea yang tidak terlalu baik dampaknya bagi tanah.)

– Pakan ternak/hijauan, pakan ikan, terutama ayam dan itik
– Menekan pertumbuhan gulma
– Tanaman hias
– Kontrol terhadap perkembangan nyamuk

Related Posts:
Jual Aplikasi Profil Investasi Daerah untuk Bappeda Berbasis Web

Jual Aplikasi E Monev Bappeda

Jual aplikasi E-Planning Bappeda

Jual Aplikasi RKA Online

Program Aplikasi SIPPD Online

Jual Aplikasi E Monev Pembangunan (LAKIP, Realisasi Fisik dan Keuangan, TEPA/TEPRA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s