Pemanfaatan Kardus Sebagai Media Budidaya Jamur Tiram

Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan jamur pangan yang banyak disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi sehingga banyak dibudidayakan secara komersil di kalangan masyarakat.

Pada umumnya masyarakat membudidayakan jamur tiram dengan cara memanfaatkan serbuk kayu sebagai media utama tumbuh jamur tiram, serbuk kayu dikombinasikan dengan dedak bokatul dan kapur supaya pertumbuhan jamur tiram tumbuh dengan baik. Kombinasi dari bahan organik (serbuk kayu, dedak bokatul, dan kapur) dimasukan kedalam wadah berupa plastik jenis PE untuk membentuk baglog jamur tiram.

Namun pada pemanfaatan serbuk kayu sebagai media utama menjadi permasalahan dikalangan masyarakat yang hidup di perkotaan, karena sulit mendapatkan serbuk kayu tersebut dalam jumlah yang begitu banyak. Jikapun serbuk kayu ini didatangkan dari luar kota tentu membutuhkan biaya transportasi yang cukup magal. Padahal minat masyarakat di wilayah perkotaan sangat tinggi untuk membudidayakan jamur tiram ini.

Menyikapi permasalah tersebut diatas, saya mencoba melakukan percobaan di untuk memanipulasi media baglog jamur tiram dengan cara menggantikan serbuk kayu dengan kardus bekas dan koran bekas.  Hal ini juga bermanfaat sebagai kegiatan mendaur ulang kardus dan koran bekas yang biasanya dibuang masyarakat sehingga menjadi sampah tidak bernilai ekonomis.

Percobaan ini saya lakukan selama sekitar 4 bulan.

Selama pengamatan dari percobaan budidaya jamur tiram di media kardus dan koran bekas, kami mendapatkan hasil panen yaitu dengan berat baglog 1,4 kg dapat menghasilkan sekitar 400 gr – 500 gram jamur tiram. Ini cukup memuaskan sebanding dengan hasil panen baglog serbuk kayu juga berkisar kurang lebih 500 gram per baglog dengan berat 1,4 kg.

image

Kesimpulan dari percobaan saya lakukan ini adalah bahwa jamur tiram bisa tumbuh dengan baik dan normal dimedia kardus dan koran bekas. Hal ini bisa menjadi solusi untuk masyarakat di perkotaan untuk mencoba budidaya jamur tiram.

Selamat mencoba 😉

Bagi yang berminat ingin mencoba budidaya jamur tiram di media kardus dan koran bekas,

Kami menyediakan Video Petunjuk Teknis Pelaksanaan, yang kami kemas dalam bentuk Keping VCD.
Harga : Rp.250.000
( belum ongkos kirim )

Hub kami :
Jakes Sito. SP
0812 7466 4892
Mail : jakessito2010@gmail.com

image

Kami juga menyediakan paket pelatihan
“Budidaya Jamur Tiram di media Kardus”

Biaya Pelatihan : Rp.5.000.000

Info : 0812 7466 4892

Iklan

3 Comments Add yours

  1. Novita Rahma berkata:

    Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga http://www.smartkiosku.com atau http://www.serbamultimedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s