Petunjuk Teknis Persemaian Cabe di Tray

Bahan-Bahan Pembuatan Media semai

Dalam pembuatan media semai harus kita mempersiapkan bahan-bahan apa saja yang akan di campur untuk mengisi tray pot (wadah persemaian)supaya mampu membuat pembibitan tumbuh secara optimal. Bahan-bahan media semai ini harus memiliki karakteristik  seperti: mempunyai porositas baik, dapat mempertahankan kelembaban dan yang utama adalah kaya akan berbagai kandungan nutrisi  serta mineral

Bahan untuk pembuatan media semai tersebut antar lain:

1-  Pupuk Trichokompos ( baca cara membuat : KLIK DISINI )

2 – Arang sekam ( Bukan abu sekam yang berwarna putih)

3 – Sabut kelapa dihaluskan / Cocopeat


4- Kapur pertanian secukupnya

Langkah selanjutnay adalah membuat komposisi bahan-bahan yang akan di kita campur sebagai media persemaian. Agar usaha pembenihan atau persemaian yang kita lakukan memiliki tingkat pertumbuhan yang sempurna silakan baca artikel ini hingga akhir.

Cara Membuat Media Semai

Langkah Pembuatan

Setelah mengumpulkan semua bahan-bahan seperti  arang sekam, cocopeat, kompos dan kapur pertanian / dolomit dengan perbandingan 2:1:1. Dengan takaran adalah arang sekam 2 bagian,  Cocopeat 1 bagian, Trichokompos 1 bagian. Supaya media semai buatan kita mempunyai kualitas terbaik untuk persemaian, aduk keseluruhan bahan secara merata.

Takaran untuk kapur pertanian (KAPTAN) / dolomit lebih kurang 1-2 sendok makan untuk pot semai dengan diameter 50 Cm (25 kg). Penggunaan kapur pertanian dapat di sesuaikan dengan kebutuhan campuran media semai yang Anda buat.

Fungsi dan Manfaat Bahan-bahan Media Semai

Dengan menggunakan campuran media semai seperti bahan-bahan di atas maka manfaat yang diperoleh adalah pertumbuhan bibit yang kita semai akan cepat besar dan memiliki kondisi sehat. Apa saja manfaat arang sekam, trichokomposcocopeat dan dolomit bagi benih yang di semai ??, mari Kita simak uraian di bawah ini.

Arang sekam

Fungsi arang sekam sebagai media persemaian adalah, memiliki efek yang diketahui dapat meningkatkan pH yang merupakan bagian dari ketersediaan fosfor (P).  Yang mana peran serta manfaat fosfor (P) untuk pembelahan sel, memperkuat batang, percepatan perkembangan akar serta dapat memperbaiki kualitas bibit tanaman. Fungsi penambahan bahan arang sekam sebagai media persemaian atau media tanam juga dapat meningkatkan sistem pertukaran udara (aerasi) pada bagian akar tanaman.

Trichokompos

Fungsi Trichokkmpos sebagai media persemaian adalah karena bahan-bahan dari pupuk kandang yang telah di fermentasi dapat memperbaiki sifat biologi dan kimia media persemaian.  Kompos atau pupuk kandang fermentasi dapat memacu pertumbuhan tanaman dan menjaga kesehatan fisik bibit. Manfaat atau fungsi lain dari penggunaan trichokompos sebagai media semai akan mencukupi berbagai kebutuhan unsur hara miro atau makro. Selain itu juga sekaligus berfungsi sebagai pengendalian penyakit panam

Cocopeat

Fungsi cocopeat sebagai campuran media semai/ persemaian ternyata dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan serta pertumbuhan akar tanaman. Selaian itu manfaat cocopeat adalah mempunyai kelebihan juga untuk memperbaik pertukaran udara. Media semai yang menggunakan campuran cocopeat memiliki kemampuan dalam menjaga kelembaban terbaik.

Kapur Pertanian

Manfaat dari kapur pertanian bagi campuranmedia untuk persemaian, dapat dampak baik bagi pH media semai dari kondisi asam (Acid) hampir mendekati pH netral. Peran penting pH kondisi media pembenihan yang netral mampu meningkatkan aktivitas organisme dalam menguraikan bahan organik seperti cocopeat, bokashi dan arang sekam. Fungsi lain penggunaan dolomit atau KAPTAN akan memperbaiki struktur media persemaian juga memiliki efek untuk menghindari pencucian berbagai unsur hara.

Catatan : – Rekomendasi Benih Cabe yang direkomendasikanKIK DISIN

Iklan

One Comment Add yours

  1. webkebuners berkata:

    arang sekam memang mantap … sangat bermanfaat toppp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s