Penyebab : Januari 2017 Harga Cabe Rp.200.000

Hari ini bertepatan tanggal 5 Januari 2017, kami mengumpulkan informasi pasar bahwa harga cabe merah meningkat drastis bahkan sampai di tingkat Rp.200.000 per kg di beberapa daerah. Ini sejarah pertama kali harga cabe merah tembus di harga Rp.200.000 per kg. 

CABE PENYUMBANG INFLASI TERBESAR 0,35%

Ahhh Cabe ! Begitu sepele terdengar. Namun para Ekonom baru-baru ini kaget  dengan data bahwa Cabe Penyumbang Inflasi Terberbesar yaitu 0,35% mengalahkan produk lainnya. 

Sore ini di Metro TV : Produksi Cabe Surplus, Kok Harga Naik hingga 150rb ?

Akurasi data dilapangan yang menyatakan Indonesia Surplus Cabe, perlu dipertanyakan. Metode apa yang digunakan petugas lapangan memperoleh data ini ? Sebelum lebih jauh membahas bagaimana faktor cuaca mempengaruhi semua ini. 

Jika dianalisa secara ekonomi, BEP / titik impas budidaya cabe berkisar Rp.12.000 atau Rp.15.000  dimusim hujan karena ada tambahan cost terhadap pemeliharaan. Sebenarnya Harga cabe Rp.40.000 sd Rp.50.000 itu ditingkat petani sudah sangat menguntungkan. Berhubung dengan daya tahan cabe setelah dipanen hanya berkisar 3 hari, dengan rantai tataniaga yang panjang, mulai dari petani, pedagang pengumpul, gudang, dsb hinggga ke konsumen. Semua akan mengalami resiko kerugian di musim hujan. Maka dari hal itu harga cabe sempat melonjak signifikan akhir-akhir ini.

Sipa yang untung ? Petani sebenarnya tidak pernah menikmati harga Rp.150.000 itu. Apakah Pedagang ?  Juga tidak sempat menikmati keuntungan tsb. Karena faktor resiko dimusim hujan. Mulai dari budidaya hingga ke pendistribusian ke konsumen akhir.

Di tingkat budidaya sendiri, petani terkendala serangan hama dan penyakit. Mengapa hal ini bisa terjadi, mari kita simak, baca selanjutnya : KLIK DISINI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s