Cara mendapatkan Hasil Produksi Kulit Manis Terbaik dari Kerinci

Kulit manis atau cinnamon dikenal sebagai komoditi eksport rempah-rempah dari Indonesia. Salah satu daerah penghasil kulit manis terbaik dan terluas di Indonesia adalah Kab Kerinci atau Kota Sungai Penuh, Propinsi Jambi.

Masyarakat di kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh membudidayakan Cinnamon atau disebut bahasa lokal : Kulit Manis, sejak nenek moyang. Kulit manis disini menjadi tanaman primadona pemerintah daerah yang mendatangkan PAD cukup tinggi dari aktivitas jual beli kulit manis. 

Pemerintah daerah kab Kerinci dan kota Sungai Penuh, propinsi Jambi merekomendasikan membudidayakan kulit manis untuk menjaga kelestarian hutan dan ekosistem terutama di perbatasan kawasan hutan TNKS, supaya masyarakat sekitar hutan mendapatkan nilai tambah dari sektor pelestarian hutan.

Pola budidaya kulit manis di kab Kerinci dan kota Sungai Penuh mengacu pada system Agroforestry. Dimana sambil menunggu panen / penebangan tanaman kulit manis diusia 15 tahun, petani bisa mengkombinasikan dengan tanaman perkebunan seperti kopi dan tanaman hortikultura. Dan yang lebih penting lagi pemerintah setempat melalui instansi terkait untuk memotivasi petani agar tanaman yang sudah ditebang/dipanen segera dilakukan penanaman kembali ataupun peremajaan tanaman. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan fungsi ekosistem hutan.

Jika kamu berminat membeli kulit manis / cinnamon asal kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh, propinsi Jambi, bisa menghubungi bpk Jakes Sito ( telp/wa 0812 7466 4892 ) yang merupakan petani asli dari kab Kerinci dan sekaligus agen penjual kulit manis. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s