PROSPEK MINYAK ATSIRI KAYUMANIS DI KABUPATEN KERINCI – PROPINSI JAMBI

Kayumanis (Cassiavera) pernah menjadi komoditi andalan di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Saat nilai jual kulit batang mencapai level Rp. 40.000/kg. Usaha untuk meningkatkan nilai tambah dari kulit kayumanis juga telah dilakukan melalui pemasaran kulit kayumanis dalam bentuk bubuk, untuk  meningkatkan nilai jual. Namun  di beberapa negara maju pemakaian kayumanis tidak lagi berbentuk gulungan atau bubuk, tetapi dalam bentuk minyak atsiri atau oleoresin. Saat ini produsen kedua produk tersebut didominasi oleh negara India dan Srilanka.

Mengapa petani kayumanis Kerinci belum beralih untuk memproduksi minyak atsiri dan oleoresin?. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu ; sebagian besar petani belum mengetahui teknologi yang tepat untuk pengambilan minyak atsiri dan oleoresin dan belum terbukanya pasar terhadap kedua produk tersebut di Kabupaten Kerinci. Survey kami menunjukkan saat ini pengambilan minyak atsiri dari kulit kayumanis telah dilakukan oleh pengusaha perorangan dengan metode penyulingan air, namun perolehannya masih rendah. Minyak kayumanis ini dipasarkan ke negara Belanda. Meskipun volume pemasarannya masih kecil, namun hal ini cukup memberi harapan bagi petani kayumanis untuk mengurus kembali tanamannya.

Pemasaran terhadap minyak atsiri kayumanis sebenarnya dapat dirintis lebih jauh asalkan semua pihak terkait mau bekerja sama. Untuk membantu petani kayumanis menemukan teknologi pengolahan minyak atsiri dan oleoresin, telah dilakukan beberapa modifikasi pada proses penyulingan.  Dari beberapa sumber yang kami baca bahwa minyak atsiri kayumanis bahkan bisa diperoleh dari bahan baku berupa daun-daun kayumanis dan ranting-ranting, jadi bukan hanya bagian Kulit batang kayu manis saja.

INDONESIA BERTANAM

MENCARI INVESTOR YANG MAU BERMITRA DENGAN PETANI KAYUMANIS KABUPATEN KERINCI UNTUK PENGOLAH MINYAK ATSIRI

SILAHKAN DATANG LANGSUNG KE SEKRETARIAT KAMI

DI KABUPATEN KERINCI

KONTAK PERSON : 0812 7466 4892 ( JAKES SITO )

EMAIL :  jakessito2010@gmail.com

 

minyak atsiri kayumanis kerinci

0g132.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s